Flower

Flower
Flower from Botanical Garden

Jumat, 09 November 2012

RPP kelas XI Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah        : SMA INSAN KAMIL BOGOR

Mata Pelajaran       :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester    :  XI / I
Alokasi Waktu        :  2 x 40’
 


Standar Kompetensi     :
1.    Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
                                       
Kompetensi Dasar        :
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah yang didengar
                                       
Nilai-nilai Karakter Bangsa :
Bersahabahat /komunikatif, kreatif, rasa ingin tahu

Indikator                         :
1.    Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
2.    Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam b      eberapa kalimat
3.    Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

I.              Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
2.    Siswa mampu menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
3.    Siswa mampu menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
          

4. Materi Pokok Pembelajaran  

a.    Mendengarkan Sambutan
Dalam kegiatan keseharian, baik di lingkungan sekolah atau masyarakat, Anda tentunya pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dalam berbagai acara. Saat acara dilaksanakan, biasanya ada kata sambutan dari pihak panitia, pejabat pemerintah, ataupun orang yang dihormati. Misalnya, dalam acara kegiatan di sekolah, kepala sekolah atau ketua panitia berkenan untuk memberikan sambutan. Dalam acara resmi tingkat nasional atau internasional pun selalu ada sambutan dari orang/pejabat tertentu. Kegiatan memberikan sambutan disesuaikan dengan situasi saat acara dilangsungkan. Dalam hal ini, seseorang yang memberikan sambutan harus memahami hal-hal apa saja yang dia kemukakan termasuk siapa saja orang yang hadir. Selain itu, perhatikan pula panjang-pendeknya sambutan yang akan kita sampaikan. Jangan sampai sambutan yang kita berikan mengganggu acara inti. Begitu pun bahasa dan gerak tubuh harus menunjang pembicaraan.

b.   Khotbah adalah pidato terutama yang menguraikan ajaran agama. Kegiatan khotbah biasa dilakukan di masjid atau tempat-tempat ibadah lainnya. Khotbah atau ceramah keagamaan termasuk kegiatan berpidato di muka umum. Khotbah biasa dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang agama. Sama halnya dengan sambutan, khotbah yang disampaikan terdiri dari pikiran-pikiran pokok. Tujuan khotbah bisa berisi ajakan melakukan kebaikan, motivasi hidup ataupun beribadah termasuk laranga-larangan bagi manusia.

III.     Teknik Pembelajaran
1.      Model              : Artikulasi
     
2.      Metode            : Demonstrasi, Presentasi, Ekspositori


3.      Pendekatan    : CL dan Keterampilan Proses

       
IV.     Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Pendahuluan
                     ii.        Greeting               :    Pembelajaran diawali dengan ucapan salam dan berdoa
                    iii.        Emotional Readiness: Mengkondisikan kelas dengan memeriksa kehadiran         murid.
                   iv.        Motivation            :    Menyampaikan tujuan pembelajaran
                             Memotivasi Peserta didik dengan memberi penjelasan    tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disampaikan  serta menggali pengetahuan murid mengenai materi tersebut.
                             Menyampaikan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari   materi tersebut yaitu 75.
                             Menyampaikan metode, model, pendekatan pembelajaran, dan bentuk penilaian materi tersebut.

                    v.        Subject Readiness   : Memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali       ingatan peserta didik tentang kepedulian terhadap lingkungan dan keberanian mengemukakan pendapat.

B.    Kegiatan inti
-       Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
-       Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
-       Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
-       Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
-       Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
-       Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
-       Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah
-       Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
-       Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
-       Siswa menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
-       Siswa menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

C.   Kegiatan Akhir
i.   Summary        : Kesimpulan
ii.  Positioning      : Reward and Punishment
                               Pemberian tugas/PR
iii. Closing            : Salam


V.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran       
A.    Sumber      : Cerdas Berbahasa Indonesia oleh Engkos Kosasih Penerbit Erlangga 2008
                     Bahasa Indonesia 2 oleh Seni Handiyani, dkk Penerbit Grafindo 2012
                     Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia, Adi Abdul Somad, dkk Depdikbud 2009
B.    Alat dan Bahan      : Artikel khotbah, Power Point
,

VI.     Penilaian
A.      Tipe Penilaian      : Tes  Non Tes

B.      Jenis Tes             : Lisan dan tulisan

C.     Bentuk Tes          :Khotbah

D.     Instrumen Penilaian :

A.     Instrumen Soal
No
 Soal
1.
Buatlah teks khotbah yang bertemakan keagamaan!
2.
Tentukanlah pokok-pokok sambutan dari khotbah yang telah dibuat!

 Kunci Jawaban dan Penskoran
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
Tergantung kreativitas murid
50
2
Sesuai teks khotbah yang dibuat
50
                

Jumlah Skor Maksimum
100




B.     Pedoman Penilaian
Nilai =  Jumlah skor yang diperoleh x 100
                     Jumlah skor maksimum              



Mengetahui,                                                                                        Bogor,  Juli 2012
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




KH. Abdul Kodir N, S.Pd.I                                                               Neti Muliati   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar